Tuesday, April 20, 2010

Metode Pembelajaran

Dah lama ni gue kagak posting,,, banyak kerjaan.. mikir ujian jadi ga sempet ngunjungi blog..
teringat ujian kmaren tentang metode pembelajaran .. ni q mo sharing ilmu tentang macam macam metode.. yang semoga bisa bermanfaat tuk para guru dan calon guru dalam menyampaikan materi ajarnya
1. kerja kelompok
2. penemuan
3. unit teaching
4. micro teaching
HERE WE GO!!!!!! buat ngupaz satu persatu!!!!

1. Metode Kerja kelompok
Cara mengajar , dimana siswa didalam kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi menjadi beberapa kelompok

Adapun pengelompokkan itu berdasarkan :
1. Adanya alat peraga yang tidak mencukupi jumlahnya
2. Kemampuan belajar siswa
3. Minat Khusus
4. Memperbesar partisipasi siswa
5. Pembagian tugas atau pekerjaan
6. Kerjasama yang efektif

Keuntungan penggunaan metode kelompok :
1. Dapat memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menggunakan keterampilan bertanya dan membahas sesuatu masalah
2. Dapat mengembangkan bakat kepemimpinan dan mengajarkan keterampilan berdiskusi
3. Dapat memberikan kesempatan pada para sisw untuk lebih intensif mengadakan penyelidikan mengenai suatu kasus
4. Para siswa lebih aktif tergabung dalam pelajaran mereka dan mereka lebih aktif partisipasi dalam diskusi
5. Dapat memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan rasa menghargai panda[pat orang lain

Kekurangan metode ini adalah :
1. Kerja kelompok sering kali hanya menlibatkan kepada siswa yang mampu sebab mereka cakap memimpin dan mengarahkan yang kurang
2. Strategi ini kadang-kadang menuntut pengaturan tempat duduk yangberbeda-beda dan gaya mengajar yang berbeda pula
3. Keberhasilan kerja kelompok ini tergantung kepada kemampuan sisw memimpin kelompok atau untuk bekerja sendiri


2. Metode Penemuan ( Discovery)
Proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan sesuatu konsep atau prinsip. Yang dimaksud dengan proses mental adalah mengamati, mencerna, mengerti, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan.

Kelebihan metode discovery adalah :
1. Mampu membantu siswa untuk mengembangkan, memperbanyak kesiapan , serta penguasaan keterampilan dalam proses kognitif/pengenalan siswa
2. Dapat membangkitkan kegairahan belajar para siswa
3. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuannya masing-masing
4. Mampu mengarahkan cara siswa belajar , sehingga lebih memiliki motivasi yang kuat untuk belajar giat
5. Membantu siswa untuk memperkuat dan menambah kepercayaan pada diri sendiri dengan proses penemuan sendiri
6. Berpusat pada siswa tidak pada guru

Kelemahan metode penemuan ini adalah :
1. Siswa harus ada kesiapan dankematangan metal
2. Bila kelas terlalu besar penggunaan tehnik ini kurang berhasil
3. Bagi guru dan siswa yangsudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional mungkin akan sangat kecewa bila diganti dengan metode ini
4. Proses mental terlalu mementingkan proses pengertian saja , kurangmemperhatikan perkembangan / pembentukan sikap dan keterampilann nagi siswa
5. Tidak memberikan kesempatan untuk berpikir secara kreatif

3. Unit Teaching
Tehnik ini memberi kesempatan siswa belajar secara aktif dan guru dapat mengenal dan menguasai cara belajar secara unit.
Pengajaran unti ini ada 3 fase :
1. Fase perencanaan/permulaan
2. Guru membagi kelas ke beberapa kelompok
3. Membagi tugas dengan masalah yang akan dibahas
4. Setiap kelompok menunjukkan pencatatn laporankemajuan dan hasil kerja kelompok
5. Guru menunjukan sumber-sumber untuk memecahkan masalah
Fase pengerjaan unit
Siswa terjunkelapangan,belajar diperpustakaan, meneliti laboratorium, mengamati
Guru mengntrol apa yangdikerjakan siswa, memberi saran/pertanyaan, membantu merumuskan kesimpulan bila perlu
Fase kulminasi
Hasil kerja siswa dibawa kembali kesekolah
Hasil informasi disusn ,diolah, sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dilihat orang banyak misalnya hasil kerajinan, hasil perkebunan atau lainnya

Keunggulan Unit Teaching adalah :
1. Siswa dapat belajar secara keseluruhan yang bulat sehingga hasil pelajarannya menjadi lebih berarti baginya
2. Pengajaran menimbulkan suasana kelas demokratis
3. Siswa bisa menggunakan sumber-sumber materi pelajaran secara luas
4. Dapat direalisir prinsip-prinsip psikologi belajar modern

Kelemahan metode ini :
1. Untuk merencanakan unti tidak mudah
2. Memerlukan seorang ahli yang betul-betul menguasai masalah
3. Memerlukan kecakapan, ketekunan
4. Perhatian guru harus lebih banyak dicurahkan pada bimbingan kerja siswa
5. Kemungkinan pelajaran disajikan tidak mendalam karena terlalu luas sehinga pengetahuan siswa hanya bersifat mengambang

4. Micro Teaching
Mikro teaching berarti suatu kegiatan mengajar dimana segala dikecilkan atau disederhanakan, yaitu :
1. Jumlah murid , 5 sampai 6 orang
2. Waktu mengajar antara 5 sampai 10 menit
3. Bahan pelajaran hanya mencangkup satu atau dua unit kecil yang sederhana
4. Keterampilan mengajar difokuskan pada beberapa keterampilan khusus saja

Kebaikan Micro teachingadalah:
1. Pengalaman Laboratories
2. Menunjang pelaksanaan praktek keguruan
3. Mengurangi kesulitan /kerumitan dalam pengajaran di kelas
4. Memungkinkan ditingkatkannya pengawasan yang ketat dan evaluasi yang mantap, teliti dan obyektif
5. Mahaiswa dilatih bersifat kritis
6. Memupuk percaya diri sendiri bagi mahasiswa
7. Mengembangkan mahasiswa untuk aktif, kreatif serta bekerja efektif, produktif , efisien yang disertai penuh tanggung jawab
8. Sebagai wadah untuk mencari model keterampilan mengajar yang sesuai
9. Menampung proses mengajar ulangan sehingga ada kesempatan untuk memperbaiki secara langsung
10. Mengembangkan kemampuan mawas diri, melihat kelemahan /kebaikan serta mendorong untuk memperbaikinya
11. Tempat yang baik untuk mengembangkan dan mengadakan research dalam kegiatan belajar mengajar
12. Merupakan jembatan antara teori dan praktek mengajar
13. Menggalang kerjasama mahasiswa/dosen/guru
14. Merupakan arena pengabdian masyarakat

Kelemahan Micro Teaching adalah :
1. Dapat menimbulkan efek departementalisasi akan keterampilan mengajar
2. Disalah tafsirkan dapat hanya menitik beratkan pada keterampilan guru sebagai pengajar bukan sebagai guru dalam arti yang luas yaitu pendidik dam senagai pengajar
3. Memerlukan biaya yang banyak , peralatan mahal serta tenaga ahli dalam bidangh teknis maupun bidang pendidikan pengajaran pada umumnya dan metodologi pengajaran pada khususnya

0 comments:

Post a Comment