Tuesday, March 13, 2012

Tips Memaksimalkan peforma Iphone



Smartphone bisa diibaratkan sebuah komputer mini yang bisa diletakkan ke dalam saku termasuk iphone buatan Apple. Pasalnya perangkat ini sudah menjalankan sebuah sistem operasi yang jauh lebih kompleks dan firmware bawaan ponsel-ponsel non-OS.

Di satu sisi, hal ini merupakan hal yang positif, dimana kita bisa menyimpan data penting, mengolahnya dengan aplikasi tambahan dan cenderung akan bertahan Lebih lama, menyesuaikan kebutuhan penggunanya seiring dengan pertambahan umur.

Namun di sisi lain, layaknya perangkat komputer rumah, semakin banyak file dan proses yang harus dikerjakan, maka akan berimbas pada penurunan kualitas kinerja alias mengurangi performa. Terlebih untuk perangkat semungil iPhone. Sudah pasti hal ini akan terjadi. Baik di iPhone terbaru maupun iPhone-iPhone lawas.

Beberapa trik bisa Anda lakukan sendiri, berikut ini Tips Meningkatkan Kinerja iPhone :

1. Hapus Cache Browser. Bagi pengguna iPhone yang kerap browsing di perangkatnya, cara ini merupakan langkah yang harus dilakukan pertama kali. Seperti halnya komputer, iPhone akan mulai melambat ketika cache terbentuk untuk menyimpan sampah-sampah yang ditinggalkan browser.

Meskipun pada dasarnya Cache merupakan cara efektif untuk meningkatkan kinerja beberapa fitur, semisal browser Safari, namun jika terlalu banyak ini akan berpengaruh pada kinerja iPhone.

Cara menghapus Cache adalah dengan mengakses setting > Safari > Clear Cache.

2. Matikan aplikasi dengan benar. Jika Anda menggunakan iOS terbaru, atau minimal versi 304.1 ke atas, maka Anda beruntung. Anda bisa melkukannya dengan mengakses layar multitasking, menekan lama ikon-ikon fitur yang tengah berjalan hingga mulai bergoyang, lalu tekan ikon merah yang ada di ujung ikon fitur yang dimaksud.

Jika kebetulan iPhone Anda termasuk jadul dan sudah tidak disupport oleh Apple, semisal iPhone 3G, untuk mematikan aplikasi yang tengah berjalan, Anda harus melakukan hal-hal berikut.

Ketika ada aplikasi yang membandel, tidak mau menutup dengan sempurna, buka aplikasi itu, lalu tekan tombol power yang lama hingga muncul tulisan "Slide to Power off". Ketika muncul tulisan ini lepas jari Anda dari tombol power dan tekan lama tombol home hingga layar akan kembali ke Home screen.

3. Lakukan update berkala! Keluhan yang dilaporkan saat pengguna menggunakan sebuah versi OS akan ditanggapi sangat serius oleh pihak pengembang dan output dari semua keluhan tadi adalah dengan meningkatkan performa pada versi OS terbaru.

iOS termasuk OS yang paling sering melakukan update. Dalam hitungan bulan bahkan minggu, versi OS baru biasanya muncul untuk memperbaiki versi sebelumnya.

4. Mengedit Spotlight. Fitur Spotlight sangat berguna bagi pengguna iPhone untuk mencari file, kontak, email dan sebagainya yang te~impan dalam ponsel. Namun di saat yang bersamaan, pencarian secara otomatis pun akan menyebabkan kinerja iPhone mengalami kemunduran.

Cara paling mudah adalah mengedit daftar pencarian Spotlight. Caranya, masuk ke setting > General > Spotlight Search, lalu sentuh kategori-kategori mana yang tidak diperlukan, ka lau perlu sentuh saja semua sehingga tanda centang yang ada di samping kiri kategori itu hilang. Lalu keluar.

5. Lakukan beberapa hal berikut secara manual. Pertama adalah pengaturan WiFi. Matikan WiFi ketika tidak digunakan. Kedua adalah Brightness alias kecerahan layar. Lakukan pengaturan manual, ketika ada di ruangan yang cukup akan cahaya, minimalisirkan brightness dan sebaliknya. Kedua trik di atas akan meningkatkan kinerja baterai sehingga akan lebih tahan lama.

Sekian, semoga membantu. Dibawah ini adalah artikel yang terkait :

Tips dan Trick Ponsel Menjadi Ngebut (Enteng)
http://id.shvoong.com/h ow-to/electronics-and-gadgets/2182728-tips-dan-trick-ponsel-menjadi/

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/electronics-and-gadgets/2182752-tips-lengkap-meningkatkan-kinerja-iphone/#ixzz1p0wX3DWH

sumber lebih lanjut dari sini

1 comments:

  1. nice share gan..info dan tips yang bermanfaat..

    ReplyDelete