Monday, December 14, 2009

Playboy and Playgirl Ruhani

Aneh bin unik n bikin penasaran.. itu perasaan yg pertama kali muncul ketika membaca judul artikel dari milist tetangga..

(hehehe..abis bahasa gaulnya pake nambah ruhani sih di belakangnya.. saya khan jadi bingung). Artikel ini tuk renungan kita tanpa bermaksud menggurui... afwan klo ada yg kurang berkenan karena boleh jadi saya juga termasuk didalamnya.. klo ada yg tersinggung berarti masih sehat.. hehehe.

PLAYBOY/GIRL ROHANI ....
Istilahnya unik yah... saya sendiri suka menyebutnya dengan ikhwan/akhwat flamboyan, hehehe.

Playboy/girl rohani.. perbedaan 2 kata.. antara positif & negatif.
Biasanya gak jauh dari spirit ..ruh.. etc.. tapi klo digabung jadinya penjaja cinta yang mengatasnamakan ruhani .. sebenarnya rada sarkas juga sih pemakaian istilah ini, namun bagaimana lgi penggambarannya ? susah klo mo pake istilah laen.. lagian manusia sering gak (kurang) peduli klo penyebutannya terlalu biasa.

Hati manusia yg terlalu keras seringnya kurang mempan klo gak disinggung langsung disinggung secara keras..
Klo kata temen saya .. dia nyari co/cewek dgn bahasa pengantar rohani..berdakwah/bernasehat tapi motivasinya nyari co/cewek. Jeleknya lagi katanya istilahnya TP ( tebar pesona ).. Caranya????? Ya macem2 .. bisa lewat chatting, telepon, email, sms tausyiah.. etc.. Siapa tau motivasi seseorang??? Wallahu alambishowab.

Bahkan kadang kita sendiripun gak sadar bahwa motivasinya telah berubah.. ironisnya.. kadang playboy/girl ruhani itu melekat pada diri kita sendiri ( naudzubillah ) yang katanya rijalud da'wah.. menebar pesona lewat fasihnya kata2, luasnya ilmu, lewat indahnya untaian nasihat, lewat merduanya suara..etc.. Yang jelas motivasinya secara tidak disadari melenceng jadinya.. sayang sekali.. mungkin dan sangat bisa jadi .. kita pengumbar nafsu.. wah gimana donk...

Maunya show amal dengan fatwa2 agama ke org lain.. eh gak taunya nyari muka.. aduuuh sayang sekali yach..
Maunya kasih email nasehat .. gak sadar biar dianggeppinter.. Maunya sichh.. saling bertausyiah via sms.. gak taunya???? biar dianggep paling mantep ruhiyahnya..

Katanya.. riya itu syirik kecil yang teramat samar. Ibarat semut hitam di kegelapan malam berjalan di atas batu hitam di bawah guyuran hujan.. wah sulit skali ngedeteksinya:) ( iseng banget ya .. ngeliatin semut item malem2 .. hehehe) Nah.... lhooo jangan2 saya termasuk playboy/girl ruhani .. Jangan2 udah jadi Member Of PP (Penebar Pesona).

Kita ini kebanyakan jadi kodok yang "bodoh". Kodok itu klo dilemparin ke air panas tiba2 dia meloncat, tapi klo diletakkan di atas aluminium terus dipanasi secara perlahan, si kodok gak akan terasa... tau-tau dah gak bernyawa. Begitulah kita…seringkali dengan dalih adaptasi jadinya gak menyadari tanda2 kesalahan dan penyakit serta bahaya yang mengancam.. tau2 dah berpacaran (lho koq???),tau2 nya dah bersyahwat ria dgn lawan bicara chatting, tau2 dah "berkhalwat" ria lewat sms.. karena emang kita tidak memperhatikan tanda2 kecil dan gejala yg muncul.

Ya Allah.. begitu halusnya... hingga kita takmenyadarinya..
Jangan2 saya dan kita mungkin sudah terjebak dalam permainan setan ini?? lambat laun karena tidak sadar..
akhirnya kita telah jadi korban.

Allahu ya Karim... memang susah sekali menjaga diri dari ujub.. riya ... memang susah sekali mungkin tuk menjaga kemurnian niat kita.. tapi.. sahabat.. mari jangan putus asa perbarui niat, kuatkan tekad & luncurkanlah kehendak menuju ruhiyah baru..

Tanpa bermaksud menuduh siapapun, email yg hadir ini tentunya tidak harus membuat antum berhenti terpaku tuk meneruskan berbuat kebaikan, saling menasehati, bertausyiah, berfastabiqul khoirot. Karena berhenti dan sesuatu harus bersandar pada Allah SWT. Namun sangatlah bijak, jika kita mau berhenti sejenak menengok ke dalam relung hati kita yg paling dalam.. sudah luruskah niat kita??? adakah benih karat yang mencoba menggerogoti?? Niat & keikhlasan seutuhnya adalah urusan makhluk dengan sang Kholik langsung, manusia lain manapun tidak mampu menilainya. Jika belum lurus.. mari kita sama2 luruskan.. Jika merasa berat meluruskannya, mari sama2 berdo'a semoga Allah memberikan kekuatan lebih dan senantiasa menjauhkan kita dari keterpedayaan.

Sekali lgi afwan, bukan maksud saya menggurui, tausyiah itu ibarat bola yang dilempar ke dinding.. akan memantukl kembali kpd si pelempar, bukan begitu ikhwah fillah??

Come On Ligth Up the World with Islam !!!!

0 comments:

Post a Comment